Gamis syar’i untuk akhwat muslimah

Gamis Syar’i, Bagaimanakah seharusnya ?

Apa yang ada di benak anda ketika membaca istilah busana syar’i? mari kita ketahui lebih dalam tentang busana muslimah syari.
Busana muslimah syari yaitu pakaian yang dikenakan oleh seseorang yang menjadikannya terlihat sebagai identitas dirinya adalah seorang muslim. Kriteria busana syari pun harus memenuhi beberapa syarat yaitu pakaian tersebut menutup auratnya, mulai dari ujung kepala sampai kebawah kaki yang tidak boleh dilihat oleh selain mahramnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehormatan wanita muslimah.

 

busana gamis syari untuk akhwat Gamis syari untuk akhwat muslimah
Pakaian busana muslimah syari berkembang pesat khususnya di Indonesia, salah satu faktornya juga karena di indonesia mayoritas beragama islam. Hal ini menjadikan kita sangat mudah menjumpai toko toko busana muslimah baik offline maupun online. Banyak pula yang beranggapan bahwa busana muslimah syari hanya dipakai dalam acara acara tertentu seperti pada hari raya idul fitri ,idul adha, atapun yang lainnya. anggapan yang seperti ini tidak benar. busana muslimah syari adalah pakaian yang wajib dikenakan pada saat kita keluar rumah. Dan hal ini perlu kita rinci lebih dalam agar masyarakat paham akan gamis syari.

gamis syari warna hitam dan khimar panjang selutut Gamis syari untuk akhwat muslimah

Mari kita kembali merinci syarat-syarat dari busana syari:

1. menutup seluruh tubuh
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاء الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)
وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا…
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya…” (QS. An Nuur: 31)

Pada surah an nur ayat 31 menyatakan agar hendaknya seseorang itu menahan pandangannya yang dapat menimbulkan syahwat dan hawa nafsu, menahan dirinya dari pandangan yang haram. dan selanjutnya pada poin ayat tersebut agar menjaga diri dari menampakkan perhiasaannya yaitu menutupkan kain kudung keseluruh tubuhnya .  Dan telah jelas pada QS al ahzab ayat 59 bahwa wajib bagi wanita muslimah mengenakan hijab syar’i.

2. Bukan Berfungsi Sebagai Perhiasan

Hal ini sebagaimana terdapat dalam surat An Nuur ayat 31, “…Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya…”
Ketika jilbab dan pakaian wanita dikenakan agar aurat dan perhiasan mereka tidak nampak, maka tidak tepat ketika menjadikan pakaian atau jilbab itu sebagai perhiasan karena tujuan awal untuk menutupi perhiasan menjadi hilang. Banyak kesalahan yang timbul karena poin ini terlewatkan, sehingga seseorang merasa sah-sah saja menggunakan jilbab dan pakaian indah dengan warna-warni yang lembut dengan motif bunga yang cantik, dihiasi dengan benang-benang emas dan perak atau meletakkan berbagai pernak-pernik perhiasan pada jilbab mereka.

3. Kainnya Harus Tebal, Tidak Tipis

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang dua kelompok yang termasuk ahli neraka dan beliau belum pernah melihatnya,

وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا
“Dua kelompok termasuk ahli neraka, aku belum pernah melihatnya, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, mereka memukul manusia dengan cambuknya dan wanita yang kasiyat (berpakaian tapi telanjang, baik karena tipis atau pendek yang tidak menutup auratnya), mailat mumilat (bergaya ketika berjalan, ingin diperhatikan orang), kepala mereka seperti punuk onta. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya, padahal baunya didapati dengan perjalanan demikian dan demikian.” (HR. Muslim 3971, Ahmad 8311 dan Imam Malik 1421 – lihat majalah Al Furqon Gresik)

Pahami dan cermatilah hadist Rasulullah di atas. Sebuah hadist yang merupakan ancaman keras bagi wanita, khususnya yang menyepelekan soal pakaian atau busana yang dikenakannya. Betapa banyak wanita memakai pakaian ketat dan jilbab yang sebatas menutupi dadanya namun hakikatnya telanjang. Maka perlu diperhatikan dalam pemilihan kain haruslah tebal tidak tipis dan tidak transparan , harus longgar , dan menutup seluruh tubuh.
4. Harus Longgar, Tidak Ketat

Selain kain yang tebal dan tidak tipis, maka pakaian tersebut haruslah longgar, tidak ketat, sehingga tidak menampakkan bentuk tubuh wanita muslimah.
Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits dari Usamah bin Zaid ketika ia diberikan baju Qubthiyah yang tebal oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia memberikan baju tersebut kepada istrinya.

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengetahuinya, beliau bersabda,

مرْها فلتجعل تحتها غلالة فإني أخاف أن تصف حجم عظمها

“Perintahkanlah ia agar mengenakan baju dalam di balik Qubthiyah itu, karena saya khawatir baju itu masih bisa menggambarkan bentuk tubuh.” (HR. Ad Dhiya’ Al Maqdisi, Ahmad dan Baihaqi dengan sanad hasan)

Hal ini menjelaskan bahwa, ketika kita memakai rok atau gamis perlu di tambahkan pakaian sebagai dalaman semisal celana panjang atau baju untuk melapisi. jangan hanya mencukupkan dengan memakai kaos kaki panjang saja, karena hal itu tidak mencukupkan untuk menutupi lekuk tubuh, terkhusus bagi muslimah yang sering keluar dengan berkendara motor, sangat rawan sekali rok atau gamisnya tersingkap, maka sangat ditekankan untuk memakai celana panjang yang longgar agar lebih aman.
5. Tidak Diberi Wewangian atau Parfum

Perhatikanlah salah satu sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkaitan tentang wanita-wanita yang memakai wewangian ketika keluar rumah,

ايّما امرأةٍ استعطرتْ فمَرّتْ على قوم ليَجِدُوا رِيْحِها، فهيا زانِيةٌٍ
“Siapapun perempuan yang memakai wewangian, lalu ia melewati kaum laki-laki agar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah pezina.” (HR. Tirmidzi)
أيما امرأة أصابت بخورا فلا تشهد معنا العشاء الاخرة
“Siapapun perempuan yang memakai bakhur, maka janganlah ia menyertai kami dalam menunaikan shalat isya’.” (HR. Muslim)

6. Tidak Menyerupai Pakaian Laki-Laki

Terdapat hadits-hadits yang menunjukkan larangan seorang wanita menyerupai laki-laki atau sebaliknya (tidak terbatas pada pakaian saja). Salah satu hadits yang melarang penyerupaan dalam masalah pakaian adalah hadits dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, ia berkata

لعن رسول الله صلى الله عليه و سلم الرجل يلبس لبسة المرأة و المرأة تلبس لبسة الرجل
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pria yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian pria.” (HR. Abu Dawud)

Terdapat dua landasan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi kita untuk menghindari penggunaan pakaian yang menyerupai laki-laki.
1.Pakaian tersebut membedakan antara wanita dan pria.
2. Tertutupnya kaum wanita.
7. Tidak Menyerupai Pakaian Wanita-Wanita Kafir

sekarang ini banyak sekali desaigner yang membuat pola gamis muslimah namun melenceng dari ketentuan-ketentuan syar’i. seperti halnya pakaian yang menyerupai kaum kuffar. hal ini di larang dalam syariat islam. tujuan dari berhijab syari adalah menutup aurat dan segala perhiasan wanita agar terhindar dari fitnah kaum lelaki. maka sudah sepatutnya kita memperhatikan baju/gamis yang kita pakai tidak menyerupai pakaian wanita wanita kafir.
8. Bukan Pakaian Untuk Mencari Popularitas

“Barangsiapa mengenakan pakaian syuhrah (untuk mencari popularitas) di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api naar.”
Adapun libas syuhrah (pakaian untuk mencari popularitas) adalah setiap pakaian yang dipakai dengan tujuan meraih popularitas di tengah-tengah orang banyak, baik pakaian tersebut mahal, yang dipakai seseorang untuk berbangga dengan dunia dan perhiasannya, maupun pakaian yang bernilai rendah yang dipakai seseorang untuk menampakkan kezuhudan dan dengan tujuan riya. (Jilbab Muslimah)
Namun bukan berarti di sini seseorang tidak boleh memakai pakaian yang baik, atau bernilai mahal. Karena pengharaman di sini sebagaimana dikatakan oleh Imam Asy Syaukani adalah berkaitan dengan keinginan meraih popularitas. Jadi, yang dipakai sebagai patokan adalah tujuan memakainya. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala suka jika hambanya menampakkan kenikmatan yang telah Allah berikan padanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ يُحِبَّ أَنْ يَرَى أَثَرَ نِعْمَتِهِ عَلَى عَبْدِهِ
“Sesungguhnya Allah menyukai jika melihat bekas kenikmatan yang diberikan oleh-Nya ada pada seorang hamba.” (HR. Tirmidzi).

Demikianlah penjelasan tentang poin poin yang termasuk kategori gamis muslimah syar’i. semoga artikel ini menjadi pencerahan untuk kita agar lebih memahami hakikat pakaian syar’i. Hal ini juga bertujuan agar menjaga iffah (kehormatan) seorang wanita muslimah ketika mengenakan busana muslimah syar’i.
Dan alhamdulillah atas setiap kemudahan dari Allah kami ol shop jubah akhwat menyediakan pakaian busana muslimah syar’i yang tentunya tepat mnejadi pilihan anda untuk berhijrah memakai busana muslimah syar’i. Koleksi gamis kami juga bisa anda lihat di fans page Jubah akhwat di facebook.

Tips Memilih Bahan Gamis Syar’i yang Tepat

Perkembangan dunia fashion khususnya di pakaian wanita sudah berkembang sangat pesat. Apalagi trend gamis gamis syari sudah banyak bermunculan baik offline maupun online. Terbukti dengan banyak nya toko toko busana muslimah yang sangat mudah kita jumpai di kota kota besar.

hijab dan gamis syari warna dusty pink Gamis syari untuk akhwat muslimah

Apalagi dengan kemudahan tekhnologi yang ada sangat mudah untuk kita berbelanja melalui toko toko online baik di facebook, website, dan media sosial lainnya. Beberapa tahun belakangan ini, Gamis Syar’i menjadi sangat populer karena semakin banyaknya model dan warna yang bisa dipilih. Jenis kain pun sudah beragam macam yang dijadikan bahan untuk produksi gamis gamis muslimah.

model gamis syari terbaru Gamis syari untuk akhwat muslimah
Jika dahulu, baju muslim ini lebih banyak diminati oleh para ibu rumah tangga, saat ini, gamis jenis Syar’i sudah banyak diminati oleh para remaja hingga wanita dewasa. Ada beberapa jenis bahan yang memang populer dijadikan gamis jenis syar’i saat ini yaitu sebagai berikut.

Bahan-Bahan yang Populer Digunakan untuk Gamis Syar’i Modern

salah satu bahan kain yang digemari oleh wanita muslimah adalah kain katun. kain katun juga banyak macamnya, slah satunya adalah katun jepang. katun jepang termasuk kain yang nyaman dipakai, adem, dan menyerap keringat. bahan katun sangat cocok dijadikan gamis, apalagi cuaca di indonesia yang dominan panas. sehingga bahan katun cocok dipakai. Hal lain yang menarik dari katun jepang adalah pilihan motif nya banyak. mulai dari motif bunga, polkadot, garis, dll.

gamis syari bahan balotelli 1024x1024 Gamis syari untuk akhwat muslimah
Bahan kedua yang populer pada gamis jenis syari adalah bahan wolfish. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kain wolfish mampu menghadirkan kesan elegan dan berkelas. Bahan wolfish juga sudah tidak asing lagi di mata para muslimah. kelebihan dari kain wolfish adalah kainnya yang jatuh tidak mudah kusut, memiliki serat yang rapat serta lembut dan tidak menerawang.

stelan gamis syari bahan wolfish harga murah Gamis syari untuk akhwat muslimah
masih banyak lagi bahan kain yang cocok dijadikan gamis syari. namun dua contoh di atas sudah bisa mewakili dari sekian banyaknya kain yang dijadikan gamis. dan yang paling sering dipakai adalah bahan wolfish dan katun.

Model Baju Muslim Syar’i

Model baju muslimah tentunya berbentuk gamis atau rok yang panjang sampai menutup mata kaki. pakaian tersebut juga harus longgar yang menutup seluruh tubuh. gamis syari juga banyak di jual sudah sepasang dengan jilbab / khimar yang panjang.

Tips Padu Padan Gamis Syar’i Terbaru

Beberapa tips buat anda jika ingin memadukan pakaian syari dan khimar. Untuk pakaian sehari hari gunakanlah gamis yang simpel seperti model gamis yang lebarnya A line agar tidak terlalu merepotkan anda dalam beraktivitas di sekitar rumah.

contoh perpaduan warna gamis syari Gamis syari untuk akhwat muslimah

jika dipakai dalam acara – acara formal anda bisa memadukan 2 warna dengan warna gamis dan khimar yang berbeda, semisal perpaduan gamisnya warna abu muda dan jilbabnya warna marun . itu cocok sekali perpaduan warnanya.

Belanja Busana Muslim Syar’i Murah di jubahakhwat.com

Ingin membeli busana muslim syar’i dengan harga murah tapi tetap menawan ? Anda bisa mendapatkannya di butik online kami jubahakhwat.com. Kami menjual berbagai busana muslimah lengkap dengan bahan kain gamis dari wolfish, jetblack,balotelli,katun,wollicreap  dengan tentunya harga yang murah dan bisa grosir. Pesan sekarang juga dan dapatkan pengalaman berbelanja online yang murah, cepat dan aman.

Baju Muslim Syar’i Aneka Bahan dan Model Murah di jubahakhwat.com

Tingginya minat konsumen terhadap baju gamis membuat banyaknya toko busana muslim online maupun offline hadir di pasar nasional. Anda yang tidak punya waktu membeli gamis di toko offline bisa membelinya di toko online kami di jubahakhwat.com. Toko online kami menawarkan aneka model dan motif yang cantik seperti motif bunga, polkadot, tulip, brokat dll serta warna yang beragam seperti biru laut, peach, ungu, pink dan lainnya. Dapatkan aneka gamis syar’i murah sekarang juga di jubahakhwat.com

, , , ,