web
analytics
  • Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: +6285341764316
  • SMS/WA: +6285341764316
  • Line : jubah_akhwat
  • BBM : D9A0F343
  • ummunadia@jubahakhwat.com
Terpopuler:

Hijab syar’i panjang

28 January 2016 - Kategori Blog

Dalam memilih busana hijab syar’i tentu kita harus selektif dan benar-benar memperhatikan desain hijab syar’i tersebut. Pasalnya, di zaman sekarang desain-desain busana wanita terkhusus pada pakaian semacam gamis dan hijab banyak yang melenceng dari koridor syar’i. Buktinya, sekarang ini wanita muslimah banyak yang tertarik memakai hijab yang modelnya ribet harus di lilit lilit ,itupun panjang hijabnya hanya sebatas dada. Belum lagi soal warnanya yang mencolok,banyak perhiasannya dll. Karena banyaknya keluaran terbaru model hijab ,berikut saya berikan beberapa poin penjelasan yang harus diluruskan mengenai apa itu hijab syar’i, agar kaum hawa khususnya muslimah tidak lagi salah dalam memakai hijab.

1. Pengertian hijab itu sendiri adalah kain yang menutupi seluruh tubuh dari kepala sampai kaki yang dipakai melapisi baju bagian dalam. Intinya,jilbabnya itu musti panjang,lebar,warna tidak ngejreng dan panjang menutupi tubuh.

2.Tujuan berhijab adalah menutupi perhiasan tubuh. Jadi ,berhijab itu bukan untuk gaya gayaan,bukan untuk tampil modis,bukan untuk menarik pandangan kaum lelaki. Tapi,tujuan berhijab, agar kita bisa lebih menundukkan pandangan.jilbab yang dikenakan seorang wanita tidak boleh diperindah dengan perhiasan sehingga menarik perhatian dan pandangan kaum laki-laki.
Nah,simpel kan? Jadi pakai hijab yang polos-polos aja.

Seperti ini:

3. Hijab harus berbahan kain yang tebal tidak transparan. Cocoknya tuh pakai jilbab berbahan wolfish,atau jetblack. Adem dan nyaman dipakai.Selain tebal, pakaian tersebut juga tidak menggambarkan lekuk tubuh. Terkadang ada bahan pakaian yang tebal namun sangat halus sehingga melekat pada tubuh, atau bisa jadi karena ukurannya yang ketat sehingga nampak lekuk tubuh si pemakai.

4. Busana dan hijab yang dipakai tidak boleh diolesi atau di seprotkan dengan parfum. Nah ini bukan saya yang larang loh yah. Tapi hal ini sebuah pelarangan dari Allah melalui perintah yang disampaikan dari Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam.
Dalam hadistnya :

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad.

5. Busana muslimah tidak boleh menyerupai pakaian laki-laki. Banyak dikalangan remaja ,dewasa maupun ibu-ibu malah terlena dengan gaya modis jaman sekarang. Berbagai trend dan model yang muncul, fashion khususnya busana muslimah malah banyak yg melenceng dari koridor syar’i. Contohnya, memakai baju kemeja panjang dipadukan dengan celana jeans,celana legging,atau celana yang ngeprass di badan. Parahnya lagi, mereka-mereka ini yang menciptakan desain model tersebut mengatasnamakan busana syar’i. Hal-hal yang seperti ini haruslah diluruskan.
Jadi beralilah ke busana muslimah seperti gamis panjang sampai menutup mata kaki,berhijablah yang benar menutup seluruh tubuh. Semoga Allah memberikan pahala bagi kita yang menggunakannya, karena ini termasuk perintah Allah agar kaum mislimah berhijab syar’i yang benar.

gambar hijab syar’i besar

Berikut gambar hijab syar’i yang sesuai tuntuna syariat. Panjang dan lebar, tidak mencolok warnanya. Bahan kain hijab yang dipakai tidak transparan, tidak melekat atau membentuk tubuh.

hijab syari bahan jetblack 768x1024 Hijab syari panjang

jilbab polos instan sepaha 768x1024 Hijab syari panjang

hijab syar’i dengan cadar

Berhijab syar’i merupakan kewajiban bagi wanita muslimah. namun permasalahan mengenai cadar ada ulama yang mengatakan sunnah ada pula yang mengatakan itu wajib. Wajah termasuk perhiasan wanita yang sangat besar dampak fitnahnya bagi kaum lelaki. Maka lebih baik lagi jika kita berhijab sekaligus menutup wajah dari kaum lelaki yang bukah mahram kita. Berikut beberapa contoh hijab syar’i dengan cadar.

model jilbab cadar rit 768x1024 Hijab syari panjang

model cadar safar 768x1024 Hijab syari panjang

jilbab cadar warna hitam 768x1024 Hijab syari panjang

Cara memakai hijab syar’i

Berhijab syari sebenarnya tidak ribet. Malah menurut saya , yang ribet itu yang jilbab-jilbab modis mengikuti trend modifikasi hijab modern yang nggak syari namun mengatasnamakan syar’i. Seperti model jilbab yang dililit-lilit, lihat tutorialnya aja dah bikin bingung banget. pilih aja yang simpel dan praktis deh pakai hijab. Cara memakai hijab syar’i itu gampangnnya tinggal langsung pakai. atau kalau kamu bingung , search aja jilbab polos instan sepaha atau selutut di olshop jubah akhwat.

cara memakai hijab syari 1024x1024 Hijab syari panjang

berhijab syari instan dan polos 1024x1024 Hijab syari panjang

, , , , , , , , ,